Melalui gerakan #KirimBudi yang diluncurkan pada Hardiknas 2 Mei 2018 lalu, Semua Murid Semua Guru mengajak publik untuk kerja barengan mendukung pendidikan. Gerakan #KirimBudi adalah gerakan patungan 10.000 diska lepas (flashdisk) yang akan diisi video berbagai profesi dan disebarkan ke berbagai pelosok Indonesia.

Flashdisk Budi berisi sekitar 816 video pelajaran, termasuk video profesi, hasil sumbangan 7 kreator konten edukasi, yaitu Inibudi.org, Kok Bisa, Ayo Mikir, Hujan Tanda Tanya, Koharo TV, Hutan itu Indonesia dan Toleransi.id.

Pengadaan atau pembelian flashdisk bisa dilakukan berkat donasi publik yang dikumpulkan melalui Kitabisa.com, platform crowd-funding terkemuka. Program ini juga berkolaborasi dengan beragam korporasi yang menjadi mitra, yaitu Wardah, Indika Foundation, Hijup serta JNE sebagai mitra pengiriman flashdisk hingga ke kota/kabupaten tujuan.

“Kami harap konten dalam flashdisk ini akan menginspirasi anak-anak bahwa terdapat begitu banyak jenis profesi. Mereka dapat belajar dari profesi di berbagai lokasi dan mimpi mereka dapat diwujudkan,” cetus Najelaa Shihab, inisiator dari gerakan ini. Ia mengatakan bahwa kegiatan ini juga merupakan respons terhadap tidak meratanya akses akan materi-materi pendidikan akibat kendala koneksi internet, yakni sebanyak 48.000 sekolah tercatat belum terhubung dengan jaringan internet (data ACDP 2016).

Hasil kerja barengan yang dilakukan oleh para kreator konten, korporasi, 1.798 donatur, 655 relawan pengganda materi flashdisk, serta 300 organisasi maupun individu distributor ini akan dilaksanakan penyerahan sebanyak 1.450 flashdisk untuk 1.450 sekolah dan tempat belajar anak lainnya di 67 kota/kabupaten dari 27 provinsi. Jumlah ini membuka akses, kualitas, dan kesetaraan pendidikan bagi 2.320 guru dan 1.422.530 siswa.

Ini merupakan awal dari pencapaian target 10.000 flashdisk untuk 10.000 sekolah di berbagai penjuru Indonesia. #KirimBudi akan terus menggalang kerja barengan dari berbagai pihak untuk mewujudkannya. Jadi, apa peran yang dapat kamu ambil untuk #KirimBudi?